Show More Information
Show Mobile Navigation
Back to Top
Latest In

Macam - Macam Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Mloka Mlaku - 19:27:00



Jika ada indikasi kolesterol tinggi dalam darah, sebelum menjadi parah, sebaiknya segera mengubah gaya hidup. Ada baiknya juga konsumsi asupan yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Seperti diketahui, saat seseorang didiagnosis mengalami dyslipidemia atau kadar kolesterol tinggi dalam darah yang parah, maka untuk mengatasinya dokter akan memberikan obat penurun kolesterol yang harus dikonsumsi seumur hidup. Sebab seseorang yang mengalami kolesterol tinggi, ditengarai telah terjadi gangguan metabolisme kolesterol dalam tubuhnya.

Nah, selain minum obat penurun kolesterol, jangan abaikan makanan alami di sekitar yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Leona Victoria, ahli gizi dari University of Sydney menjelaskan kolesterol dalam darah semakin meningkat karena disebabkan asupan makan yang banyak mengandung lemak jenuh.

"Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang digoreng, kue-kue, snack, makanan hasil olahan seperti sosis/ham dan santan berlebih. Juga bisa disebabkan oleh konsumsi gula buatan berlebih. Maka makanan-makanan tersebut yang sebaiknya dihindari," jelas Victoria.

Kolesterol sendiri diperlukan oleh tubuh untuk membentuk dinding sel dan pembuatan hormon. Akan tetapi bila kadarnya melebihi batas normal maka mengakibatkan berbagai macam penyakit kronis seperti sakit jantung, stroke, maupun penyempitan pembuluh darah.

Hal senada disampaikan dr Indra Wijaya, SpPD, M.Kes dari Siloam Karawaci Hospital. Kata dia, selain memperhatikan gaya hidup sehat, mengubah pola makan juga bisa membantu.



BUAH & SAYUR
"Makanan alami seperti buah dan sayur sangat baik untuk dikonsumsi karena serat yang terkandung di dalamnya dapat memperlancar buang air besar, menjaga stamina tubuh, dan menurunkan kolesterol. Untuk jenis buah dan sayur pada umumnya tidak terlalu berbeda pada kandungan serat dan vitamin," ujar dr Indra.

Untuk pengolahannya, kata dr Indra pada prinsipnya untuk buah tidak ada pengolahan khusus. Juga untuk sayur sebaiknya cukup matang saja, sebab jika terlalu matang maka kandungan serat dan vitamin di dalamnya menjadi tidak optimal.

Contoh buah penurun kolesterol :

  • Jeruk Nipis. Jeruk mengandung zat flavonoid, yang merupakan senyawa yang mampu menghambat produksi LDL. Flavonoid terdapat juga di teh, brokoli, tomat, bawang berlapis serta buah delima.
  • Jambu Biji/jambu merah. Jambu biji kaya akan likopen yang berperanan dalam mengendalikan produksi kolesterol. Buah-buahan lain yang berfungsi sama adalah semangka merah, tomat merah, dan jambu biji merah.
  • Delima. Delima mengandung zat untuk menurunkan kolesterol darah, dan menghilangkan plak dalam aliran darah. Buah delima meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak dalam pembuluh darah.
  • Mangga. Mangga banyak memiliki Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang membuat terjadinya plak (penimbunan) kolesterol dalam tubuh.
  • Buah Blueberry. Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berry mengandung pterostilbene yang memiliki fungsi antioksidan dalam tubuh.
  • Buah Anggur. Anggur ini memiliki senyawa flavonoid yang berguna untuk penurunan kolestrol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Buah ini mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.
  •  Alpukat. Alpukat sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang membantu meningkatkan kadar kolesterol (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Alpukat bisa dibuat untuk  juice karena selain banyak terdapat lemak baik seperti asam oleat, lemak tak jenuh, serta serat buah yang akan meningkatkan kolesterol baik.
  • Buah Zaitun. Kandungan zat anti oksidan (zat hydroxytyrosol) dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Buah ini akan berefek positif terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang akan menaikkan kadar kolesterol baik. Kita bisa mengonsumsi setidaknya campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh.
  • Jeruk Lemon. Jeruk lemon banyak mengandung Vitamin C dan memiliki senyawa untuk mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Juga terdapat antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.
  • Tomat. Tomat adalah sumber likopen yang akan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Tomat bisa dimakan segar, dibuat juice, atau dimakan dalam bentuk sup. Tomat juga makanan untuk penderita maag kronis yang sangat membantu.
Contoh Sayur penurun Kolesterol :
  • Bayam. Hijauan ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat juice. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas juice setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.
  • Buncis. Buncis adalah sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin. Juice buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menjurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.
  • Kedelai. Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai sebaikn ya tidak dimasak dengan minyak biasa, ganti dengan minyak zaitun.


IKAN
American Heart Association menyarankan setidaknya makan 2 porsi lemak ikan per minggu agar bisa membantu menurunkan kolesterol. Lemak ikan seperti salmon, halibut, tuna dan mackerel yang tinggi asam lemak omega-3, telah terbukti mengurangi tingkat kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Selain itu, ikan merupakan sumber protein yang baik dan dapat digunakan sebagai pengganti sumber protein tinggi kolesterol, seperti daging merah.

Contoh ikan penurun kolesterol :
- salmon
- kembung
- sarden
- tuna


MINYAK ZAITUN
Minyak zaitun juga ditengarai bisa membantu karena mengandung campuran antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. US Food and Drug Administration merekomendasikan sedikitnya 23 gram minyak zaitun per hari atau sekitar 2 sendok makan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung.



OATMEAL
Serat juga sangat membantu dalam memerangi kolesterol, karena bertindak sebagai pembersih racun dalam aliran darah. Mayo Clinic menyarankan setidaknya 50-10 gram serat larut per hari untuk membantu mengurangi kolesterol. Misalnya bisa didapat dari konsumsi oatmeal. Satu porsi oatmeal atau gandum utuh biasanya mengandung setidaknya 2 hingga 6 gram serat larut dari total serat.



KACANG KACANGAN
Kacang-kacangan memiliki serat tinggi dan dapat mengurangi kadar kolesterol sampai 5 persen hanya dengan 1 porsi. Tapi karena tingginya jumlah kalori dalam kacang, FDA merekomendasikan membatasi asupan kacang hanya sekitar segenggam per hari.

Contoh kacang-kacangan penurun kolesterol :
- kenari
- hazelnut
- almond
- kacang tanah



BERAS MERAH
Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.


GANDUM
Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum.



BAWANG PUTIH
Bawang putih berefek positif terhadap kesehatan jantung serta menurunkan kolestrol tinggi. Konsumsi bawang putih bisa melalui campuran dalam salad atau rempah dalam menu makanan.



BIJI BUNGA MATAHARI
Biji bunga matahariTermasuk makanan penurun kolesterol karena mengandung sterol yang akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dalam kehidupan sehari-hari dibuat makanan camilan dalam bentuk “kwaci”.






Review :
- http://health.detik.com/read/2017/01/10/083135/3391786/763/asupan-seperti-ini-bisa-bantu-turunkan-kolesterol-tinggi

- http://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/37-makanan-penurun-kolesterol-tinggi-super-cepat

VIDEO TERBARU RESEP TERBARU DOWNLOAD TERBARU
PRINT and SAVE Artikel Ini ?
Previous
Editor's Choice

 
kukukirikukukirikukukirikukukirikukukiri
Back to Top