Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Tips Memilih Asuransi Yang Tepat




    Dalam perencanaan keuangan, asuransi dipandang sebagai pelindung apabila aliran pendapatan terganggu. Misalnya tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan fatal, sakit keras atau bahkan wafat. Dipenuhinya klaim sangat penting bagi ahli waris. Karenanya sangat penting bagi Anda untuk memilih asuransi terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.

    Berikut ini adalah hal-hal yang Klabers harus pelajari sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi:

    1. Laporan Keuangan Perusahaan
    Walau laporan keuangan memiliki keterbatasan, namun tetap dapat jadi acuan awal memilih perusahaan asuransi. Indikator yang dapat digunakan adalah RBC (risk based capital), dimana perusahaan asuransi yang baik harus memiliki RBC di atas 120 persen. Selanjutnya lihatlah net equity (modal sendiri dibagi premi bersih), karena perusahaan asuransi yang baik harus memiliki net equity di atas 50 persen dan gross equity di atas 20 persen.

    Nilai pula kualitas underwriting policy dengan menyimak tren laba perusahaan tersebut selama beberapa tahun. Kemudian cek pula operational cost dari perusahaan asuransi. Kinerja yang baik dapat hilang karena beban operasional berlebihan akan menggerus laba perusahaan. Majalah InfoBank ataupun Investor secara berkala membuat peringkat perusahaan asuransi di Indonesia berdasarkan informasi laporan keuangan, simaklah.

    2. Rekam Jejak Perusahaan dan Manajemen
    Setelah memiliki daftar ringkas pilihan sementara berdasarkan laporan keuangan lanjutkanlah dengan mencari informasi tentang perusahaan asuransitersebut. Tanyalah kolega atau keluarga, riset pula lewat internet. Teliti apakah kandidatmu sudah lama berada di industri, ukuran perusahaan, reputasi perusahaan dan rekam jejaknya, reputasi manajemen pengelola perusahaan tersebut, serta reasuransi yang dilakukan atau reasuradur utamanya. Pertimbangkan untuk mengunjungi kantor cabang perusahaan asuransi yang akan dipilih. Atmosfer yang ada di kantor akan nampak dengan melihat langsung cabangnya.

    3. Kualitas Pelayanan
    Lakukanlah survei di sekelilingmu, tanyakan pelayanan perusahaan asuransi yang akan menjadi pilihan. Apakah repot mengurus klaim, kemudahan apa saja yang diberikan dan apakah jika terjadi risiko kemudian klaim diterima sesuai yang dijanjikan dalam polis, serta kualitas pengetahuan dan kemampuan menjelaskan para agennya.

    4. Hitung Kebutuhan Proteksimu, Buatlah Catatan
    Langkah berikutnya adalah menghitung berapa sebenarnya kebutuhan (target) proteksi, dimana satu orang tentunya berlainan dengan yang lain. Untuk kalkulator kebutuhan asuransi, silahkan kunjungi www.KeluargaCerdas123.com. Setelah memilih, catat nama asuransi dan alamat, nomor polis, nilai manfaat kematian, ahli waris, nama agen asuransi dan telpon, tanggal efektif polis, serta lokasi polis awal.

    5. Pilih Produk yang Sesuai
    Walaupun perusahaan asuransi yang dipilih sudah baik namun jika jenis polis yang dibeli tidak sesuai berakibat pembayaran klaim pun tidak akan sesuai dengan tujuan finansial Klabers. Jadi, pastikan jenis asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Klabers dan keluarga. Cari penyedia asuransi yang menawarkan harga produk termurah untuk proteksi yang memang Anda butuhkan. Pertimbangkan membeli asuransi term life (berjangka), atau whole life (dwiguna),

    Jangan pernah terbuai dengan tawaran diskon premi atau lainnya yang menggiurkan, pertimbangkan pula membeli polis asuransi dari agen terdidik dan terlatih serta dikenal pula secara personal menjadi nilai plus. Telitilah (produk dan perusahaan asuransi) sebelum membeli!


    Manuel Pakpahan, CFP®
    Perencana Keuangan Independen
    CEO KeluargaCerdas123.com

    Review : http://economy.okezone.com/read/2009/12/16/315/285473/315/kiat-memilih-asuransi

    1 comment:

    1. Ya, tips yang diatas betul sekali karena biasanya agent asuransi sering melebih-lebihkan produk yang mereka jual, ketika terjadi klaim tidak seperti yang mereka omongkan. Baca kembali perjanjian dengan Asuransi yg dipilih tsb

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad