Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Stroke, Diabet, Jantungan Go A way...Dengan Konsumsi Serat







    SERAT memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang menyehatkan pencernaan. Selain itu, konsumsi serat juga membantu Anda untuk mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung.

    Makanan dengan kandungan tinggi serat dikenal dapat membantu menyehatkan pencernaan, menurunkan koleterol, bahkan membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan kaitan antara serat dan risiko yang lebih rendah terhadap penyakit stroke, demikian yang dilansir Everydayhealth.

    Peneliti dari University of Leeds and York Teaching Hospital NHS Foundation menemukan data yang menarik dari delapan penelitian yang diterbitkan antara 1990 dan 2012. Mereka menemukan bahwa setiap kenaikan tujuh gram setiap hari serat makanan dapat mengurangi risiko seseorang dari penyakit stroke sebesar tujuh persen.

    The American Heart Association merekomendasikan agar Anda mengonsumsi serat setidaknya 25 gram tiap hari. Peneliti melihat masyarakat saat ini cenderung kurang peduli terhadap asupan serat harian mereka. Padahal, asupan serat yang tinggi dapat membantu mencegah risiko stroke.

    Jenis Jenis Makanan Berserat Tinggi :

    1. Beras Merah
    Setiap cangkir beras merah mengandung 3,5 gram serat. Penelitian di Harvard baru-baru ini menemukan bahwa, makan lebih dari 5 porsi nasi putih dalam seminggu meningkatkan risiko Diabetes tipe 2 sebesar 17 persen. Namun jika kita menambahkan beberapa porsi beras merah per minggu akan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 11 persen.

    2. Buah Alpukat
    Buah Alpukat merupakan salah satu sumber serat yang tinggi. Setiap 2 sendok makan alpukat mengandung sekitar 2 gram serat dan pada setiap satu buah utuh mengandung sekitar 10 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber yang sangat baik dari lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

    3. Jagung
    Berbagai jenis jagung memiliki kandungan nutrisi antioksidan. Pada sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Popcorn juga merupakan sumber makanan kaya serat dan rendah kalori. Popcorn dapat menyediakan sekitar 3,5 gram asupan serat per tiga cangkir penyajian.

    4. Gandum
    Pada gandum utuh unsur-unsur gizi dan serat masih utuh, sehingga menjadikan gandum dalam makanan sehari-hari adalah pilihan diet yang baik untuk memenuhi asupan serat harian.

    5. Sayur Brokoli
    Selain mencegah kanker, sayuran ini juga mengandung serat beberapa. Sekitar 5.1 gram serat dapat diperoleh dari secangkir brokoli rebus.

    6. Buah Apel
    Kita harus makan apel berikut dengan kulit nya jika ingin mendapatkan seratnya dan beberapa zat kimia bermanfaat lainnya. Sebuah apel ukuran biasa dapat mengandung sekitar 4,4 gram serat.




    Review : 
    http://health.okezone.com/read/2013/04/01/482/784323/stroke-mendadak-lenyap-konsumsilah
    http://laurencius1.blogspot.com/2012/11/jenis-jenis-makanan-berserat-tinggi.html

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad