Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    BLU-RAY : Apa dan Bagaimana ?




    Anda sudah pernah dengar istilah Blu-Ray..??
    Berikut penjelasan apa yang dimaksud dengan Blu-ray...

    Ada bermacam-macam jenis CD kosong sebagai media penyimpanan, seperti CD-R, CD-RW, dan DVD, nah, jepang mengeluarkan produk baru, yaitu dengan sistem blu ray, ini tidak bisa dibaca oleh optik sembarangan, hanya optik original yang dapat membaca format blue ray.
    Jika optik blu ray anda masukan CD-R, CD-RW, atau DVD, kemungkinan besar optik anda akan rusak, jadi ia mempunyai optik pembaca khusus..
    CD kosong format blue ray rata-rata berkisar Rp.200.000,-/keping CD.
    jadi belum ada yang bisa membuat optik tiruan blue ray di jepang sekalipun.

    Blu-Ray merupakan generasi terbaru cakram penyimpan data, Blu-ray memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan keping CD atau DVD. Di antaranya adalah:

    1. Kapasitas penyimpan data yang lebih besar

    2. Satu sisi keping cakram Blu-ray mampu menyimpan data hingga 25 gigabita, jauh melebihi kapasitas DVD yang hanya mampu menyimpan data 4,7 gigabita. Pada cakram Blu-ray dua sisi, maka kapasitasnya meningkat menjadi 50GB!

    3.Kompresi video mutakhir
    Dengan kapasitas sedemikian besar, cakram Blu-ray menawarkan kompresi video yang paling mutakhir, dalam format High Definition (HD), seperti MPEG2, VC-1, dan H.264. Hal ini memungkinkan Anda menikmati pengalaman menonton yang luar biasa.

    4. Resolusi video hingga 1080p
    Untuk hiburan berformat HD, cakram Blu-ray mampu menampilkan gambar hingga ukuran resolusi 1920 x 1080 yang akan tampak sangat spekatakuler pada layar televisi ukuran besar. Misal, Blu-ray player SAMSUNG BD-P1000 saling mendukung dengan LCD TV SAMSUNG tipe LA-52M81B yang juga dilengkapi teknologi FullHD 1080p.

    5.Transfer data berkecepatan tinggi
    Blu-ray mampu mentransfer data sebesar 50 megabita setiap menitnya. Untuk memastikan kelancaran transfer data yang besar, dibutuhkan sebuah pemutar cakram Blu-ray yang dilengkapi dengan konektor HDMI (High Definition Multimedia Interface) yang menjadi standar untuk sinyal HDTV. Melalui HDMI, dapat ditampilkan sinyal HD hingga 1080p dan juga 8 channel audio yang tidak terkompresi. Jika monitor atau televisi Anda belum dilengkapi dengan konektor HDMI, koneksi melalui komponen video juga dimungkinkan menampilkan transmisi sinyal HD hingga 1080i.

    6.Penerjemahan audio secara utuh (lossless)
    Melalui konketor HDMI, cakram Blu-ray menawarkan berbagai standar audio terbaik, seperti Dolby Digital, Dolby Digital Plus, Dolby TrueHD, DTS, MP3 audio decoding, dan LPCM. Selain HDMI, Blu-ray juga menawarkan koneksi audio melalui optical dan digital coaxial ke speaker.

    7.Perlindungan anti-pembajakan yang lebih canggih
    Cakram Blu-ray juga bisa dilengkapi dengan piranti anti pembajakan yang lebih canggih. Hal ini memberikan
    perlindungan yang lebih pasti bagi pemegang hak cipta dan konsumen.

    8.Untuk memainkan keping cakram Blu-ray, Anda memerlukan sebuah pemutar cakram Blu-ray (Blue-ray Disc Player), seperti Samsung BD-P1000. Sebagai piranti "Home Entertainment Digital Masa Depan", BD-P1000 termasuk sebagai pemutar Blu-ray pertama di dunia.

    BD-P1000 mampu memutar standar DVD dan CD audio, dengan mendukung format DVD-RAM, DVD-RW, DVD-R, DVD+RW dan DVD+R. Piranti ini hadir dengan memory card reader, dukungan format full audio, pilihan menu pop-up dan selalu menyala; tombol animasi full colour High Definition; dan peningkatan bitmap dan teks terjemahan.

    Meskipun masih dalam tahap awal pengembangannya, dengan kemampuan dan kapasitas yang besar, cakram Blu-ray memiliki peluang yang besar untuk menjadi format standar bagi media hiburan di masa datang. Kepuasan dan peningkatan pengalaman pengguna lah yang akan menentukan.

    Penjelasan lainnya.....
    Blu-ray
    adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD. Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang.[1] Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.

    Cakram Blu-ray dua lapis berkapasitas 50 GB dapat menampung video definisi tinggi (HD) berdurasi 9 jam atau video definisi standar (SD) berdurasi 23 jam. Secara rata-rata, sebuah cakram Blu-ray satu lapis dapat menampung video MPEG-2 definisi tinggi berdurasi 135 menit dengan bonus 2 jam dalam kualitas definisi standar. Versi dua lapis dapat menampung video definisi tinggi berdurasi 3 jam dengan bonus dalam kualitas standar berdurasi 9 jam.

    Teknologi Blue Ray menggunakan laser biru dengan menggunakan panjang gelombang 405 nm, sedangkan CD dan DVD menggunakan laser merah, dengan panjang gelombang 780 nm untuk CD, serta 635-650 nm untuk DVD. Blue Ray menggunakan 1 sampai 2 layer setiap kepingnya, yang tiap layernya mampu menampung 25 GB data, sehingga maksimum kapasitasnya adalah 50 GB. Pada CD hanya memiliki satu layer saja yang hanya mampu menyimpan 650-700 MB data, sedangkan DVD memiliki 2 layer. Blue Ray mempunyai kecepatan akses 36 MB/s, lebih cepat dibandingkan CD yang hanya 1,2 MB/s dan DVD dengan 11 MB/s. Teknologi Blue Ray sudah diimplementasikan pada Sony Playstation 3, untuk pemakaian pada PC, disc serta playernya dijual terpisah.

    Semoga bermanfaat...!!

    Review : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080909011151AANZGSL






    1 comment:

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad