Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Ciri -Ciri Terkena Serangan Sakit Jantung / Jantung Anda Tidak Sehat




    Banyak kasus orang terkena sakit jantung secara tiba-tiba. Hipertensi, diabetes, kolesterol lemak berlebih dalam tubuh, kurang olah raga, pola makan tidak sehat, serta strees yang berkelanjutan dihubungkan sebagai factor penyebab masalah jantung. sayang, banyak dari kita yang tetap meremehkannya walau penyakit jantung termasuk salah satu dalam jajaran penyakit pemicu kematian tertinggi didunia.

    Maka dari itu hidup sehat dan kenalilah ciri atau tanda-tanda serangan mendadak penyakit jantung secara diniitu penting.

    Sebenarnya mudah mengenali ciri-ciri sakit jantung kalo kita peduli dan waspada  sehingga  penanganan secara preventif dapat kita lakukan sesegera mungkin untuk menghindari menjadi fatal.

    Berikut ciri- ciri terkena serangan jantung mendadak :

    Merasa Cepat Capek
    mudah merasa cepat lelah saat melakukan kegiatan atau aktifitas rutin, Rasa lelah terus-menerus dapat menandakan gangguan pada jantung. Keluhan ini lebih sering dirasakan oleh wanita. Rasa lelah yang dimaksud terasa amat berat, berbeda dengan rasa lelah sehabis melakukan aktivitas sehari-hari. Keluhan ini dapat berlangsung beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung.

    Sesak Nafas
    • pernafasan yang tidak stabil, karena adanya cairan yang masuk ke rongga paru-paru
    • Rasa tertekan ( terasanya ditimpa beban, sakit, terjepit serta terbakar ) yang mengakibatkan sesak napas serta tercekik di leher


    Nyeri Di Dada
    karena adanya penyumbatan arteri yang mengakibatkan aliran darah keseluruh tubuh tidak lancar
    menjalar ke lengan kiri, leher serta punggung, dapat berjalan lebih kurang 15-20 menit serta berlangsung dengan terus-terusan
    Rasa sakit ini dapat menyusut waktu tengah istirahat, namun dapat jadi tambah berat bila tengah melakukan aktivitas


    Keringat Dingin
    walaupun tidak melakukan apapun anda sering berkeringat
    Keringat keluar bukan karena habis olahraga atau cuaca yang panas


    Sakit Kepala
    karena terjadi penyimpangan dari sirkulasi aliran darah, Keluhan sering pusing hingga pingsan dapat terkait dengan aritmia (gangguan irama jantung)


    Mual / Terganggunya Pencernaan Nafsu Makan Menurun
    terjadi pembengkakan dibagian perut & penyumbatan pembuluh darah  karena lemak, Pada kasus gagal jantung, terdapat penumpukan cairan di dalam rongga perut sehingga perut terasa penuh dan nafsu makan ikut menurun. Selain itu ketika terjadi serangan jantung, beberapa orang juga mengeluhkan rasa mual, nyeri pada ulu hati, hingga muntah.


    Denyut Jantung Tidak Teratur
    karena adanya penebalan otot pada katup jantung


    Denyut Nadi  lebih 100 per menitnya
    idealnya denyut nadi yang sehat adalah 60 - 100 denyut per menit


    Tidur Tidak Dapat Terlentang 


    Kaki Bengkak
    Timbulnya bengkak terkait dengan retensi (tertahannya) cairan di dalam tubuh, sering kali terjadi pada gagal jantung. Mulanya terjadi pada area yang paling jauh dari jantung seperti kaki atau tangan. Bengkak ini disebut dengan edema. Penderita akan mengalami kesulitan memakai sepatu, atau ketika membuka sepatu akan tampak indentasi pada area bengkak

    Tidak Bisa Berjalan Jauh

    Batuk
     Jenis batuk yang dimaksud di sini adalah batuk yang disertai kesulitan bernapas, akibat adanya cairan di dalam paru-paru. Cairan ini terkait dengan ketidakmampuan jantung memompa darah secara normal, sehingga darah akan berakumulasi di paru.

    Gangguan Fungsi Seksual
    Kelainan seperti disfungsi ereksi dapat menjadi salah satu manifestasi gangguan jantung dan pembuluh darah, di mana penyempitan dan plak pada pembuluh darah dapat mengurangi asupan oksigen untuk organ tubuh termasuk organ genitalia.

    Rasa Berdebar-Debar
     Seseorang yang sedang mengalami serangan jantung cenderung mengalami kecemasan atau perasaan takut mati. Sebaliknya, rasa cemas yang berlebih dapat memicu stres emosional yang juga merupakan faktor risiko serangan jantung.

    Mengorok
    Mengorok dapat berkaitan dengan sleep apnea (berhentinya napas saat tidur). Sleep apnea meningkatkan risiko serangan jantung 3 kali lipat dalam waktu 5 tahun ke depan. Sleep apnea dapat memicu kerusakan jantung sisi kanan, karena paru-paru bekerja ekstra keras untuk melancarkan jalan napas akibat sumbatan jalan napas yang terjadi pada sleep apnea.


    Beberapa pemeriksaan yang sering dilakukan untuk mengetahui fungsi jantung antara lain:
    • EKG (Electrocardiogram)
    Tes ini menunjukkan kecepatan detak jantung, irama jantung, serta aktivitas listrik jantung. EKG dapat menunjukkan tanda adanya kerusakan pada jantung, adanya serangan jantung yang sedang berlangsung atau yang sudah berlalu.
    • X-ray dada
    Radiologi x-ray dada menggambarkan struktur organ di dalam dada seperti jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.
    • Tes darah
    Contoh tes darah yang diperlukan untuk mengetahui fungsi jantung antara lain kadar kolesterol, gula darah, dan protein khusus otot jantung. Beberapa tes lain yang mungkin diperlukan antara lain echocardiography, stress-test, coronary angiography, dan sebagainya, bergantung pada kondisi jantung Anda.


    Kenali faktor risiko penyakit jantung
    Perlu diketahui bahwa penyakit jantung dapat dihindari dengan cara meminimalkan beberapa faktor risikonya. Faktor risiko penyakit jantung terdiri dari faktor yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan.


    Faktor risiko yang dapat dikendalikan, yaitu:

    • Merokok
    • Konsumsi alkohol
    • Konsumsi makanan tinggi lemak, garam, gula dan kolesterol
    • Tekanan darah tinggi
    • Kadar kolesterol darah tinggi
    • Obesitas
    • Kurangnya aktivitas fisik
    • Stres


    Faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan, yaitu:

    • Usia
    • Jenis kelamin
    • Riwayat penyakit jantung dalam keluarga


    Untuk lebih akurat lebih baik periksakan ke dokter .....



    Review :
    - http://ciriciripenyakitjantung.blogspot.com/2013/06/ciri-ciri-orang-terkena-penyakit-jantung.html
    - http://styleter-kini.blogspot.com/2013/10/ciri-ciri-gejala-awal-sakit-jantung.html
    - http://mengatasimengobatigejalasakitjantung.blogspot.com/2013/04/cara-cepat-ketahui-gejala-penyakit.html 
    - http://health.kompas.com/read/2011/05/17/09545971/Ciri-ciri.Awal.Sakit.Jantung
    - https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/inilah-tanda-jantung-anda-tidak-sehat/inilah-tanda-jantung-anda-tidak-sehat/1
    - https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3568781/jangan-abaikan-5-gejala-penyakit-jantung-ini


    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad