Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Manfaat & Khasiat Jengkol



    Anda termasuk orang yang benci atau bahkan meremehkan Jengkol...? ubah pemikiran serta sikap anda tersebut. Ternyata mengkonsumsi jengkol banyak manfaat dan Khasiatnya terutama untuk kesehatan anda.

    Karena Jengkol kaya akan nutrisi seperti karbohidrat , vitamin A, vitamin B B1 B2 , Vitamin C, protein (23,3 g per 100 g bahan - melebihi tempe ) , kalsium (166,7 mg/100 g), fosfor , steroid , tanin , Saponin dan Glikosida

    Apapun makanannya kalo itu baik dan bagus bagi kesehatan saya pikir tidak ada salahnya untuk kita mengkonsumsinya.



    Berikut macam - macam manfaat Jengkol yang harus anda ketahui :

    Mencegah Anemia
    Selain protein, jengkol mengandung zat besi yang dapat membawa oksigen ke tubuh. Jika kekurangan zat besi, maka asupan oksigen berkurang dalam tubuh Anda juga akan berkurang. dan tubuh Anda secara otomatis akan lemas dan loyo. Baik juga untuk Remaja, wanita hamil, ibu menyusui, orang dewasa, dan vegetarian Karena mereka paling berisiko untuk mengalami kekurangan zat besi. Di dalam tubuh, besi sebagian terletak dalam sel-sel darah merah sebagai heme, suatu pigmen yang mengandung inti sebuah atom besi.

    Antioksidan Alami
    Jengkol mengandung beberapa vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Vitamin A dalam jengkol yang mencapai 658 mg/100 gram sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan vitamin B1 dan B2 sangat berguna untuk membantu penyerapan protein. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

    Mempercepat Penyembuhan Luka
    Kandungan protein yang ada dalam jengkol cukup banyak, bahkan lebih dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. Dalam 100 gram jengkol mengandung sekitar 23,3 gram protein. Protein sangat berguna bagi tubuh untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

    Menjaga Kesehatan Tulang
    Tingkat kalsium yang ada pada jengkol adalah 140 mg/100 g. Kalsium tinggi ini akan menjaga kesehatan tulang dari pengeroposan. Itulah pasalnya, jengkol sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium besar.

    Fosfor
    Fosfor merupakan mineral lain yang terkandung dalam jengkol. Dalam satu buah jengkol berukuran sedang terkandung sekitar 100 gram fosfor 166,7 m. Kegunaan fosfor adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi seperti kalsium.

    Kekebalan Tubuh
    Vitamin C dalam jengkol dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita, dan membantu kerja enzim pada tubuh kita dan membantu respirasi selular.

    Mencegah Serta Mengobati Penyakit Diabetes
    Hal ini karena jengkol memiliki kandungan asam jengkolat serta mineral yang tinggi, tapi jika asam jengkolat dikonsumsi secara berlebih akan meninbulkan dampak buruk karena bentuknya yang kristal dan tidak mudah larut. Berdasarkan penelitian Soemitro (1987), senyawa aktif dalam kulit halus buah cenderung menunjukkan efek penurunan kadar gula darah yang besar sehingga baik untuk penderita diabetes.

    Pelangsing Perut
    Jengkol menduduki peringkat kedua sebagai bahan pelangsing perut setelah apel.



    Cara mengurangi bau jengkol
    • Rendam jengkol beberapa saat sebelum memasaknya
    • Jika ingin kandungan bau agak berkurang, memarkan jengkol setelah direbus setengah matang, dan rendam kembali agar kandungan bau berkurang.
    • Makan timun setelah Anda makan jengkol
    • Banyak-banyak minum air putih


    Review :
    - http://www.solopos.com/2014/09/06/tips-kesehatan-inilah-manfaat-jengkol-bagi-kesehatan-533538
    - http://manfaatsehat.com/manfaat-jengkol-bagi-kesehatan/
    - http://indonesiaindonesia.com/f/47443-khasiat-jengkol/
    - http://www.obatherbalalami.com/2014/09/inilah-manfaat-jengkol-untuk-diabetes.html




    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad