Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Bisnis Baju Online




    Kalau kita berjualan pakaian di dunia nyata, tentu sarana yang digunakan adalah sebuah toko, baik itu toko permanen maupun toko non permanen, yang memanfaatkan sebuah lokasi, bisa ruko, pasar, mall dan lain-lain. Nah untuk toko baju di internet sendiri, media yang paling umum digunakan adalah sebuah web.

    Ini paling banyak digunakan dan paling efektif dibandingkan dengan hanya membuka toko lewat facebook atau jejaring sosial lainnya. Web untuk toko baju sendiri lebih terpercaya bila menggunakan domain [dot] com, kenapa..? karena ini guna membuat kepercayaan bagi pengunjung atau calon pembeli, ini akan berbeda pencitraannya dibandingkan dengan hanya menggunakan blog gratisan ataupun jejaring sosial.

    Nah untuk membuat web sendiri, dibutuhkan biaya awal untuk membeli domain dan hosting yakni minimal sekitar 200ribuan. Bila ingin tampilan online shop yang bagus, maka tak jarang pula gunakan jasa web desain. Media untuk membuka lapak ini harus tertata dengan rapi, dan memudahkan calon pembeli saat ingin transaksi.

    Sehinggu web toko juga perlu dilengkapi dengan layanan online seperti YM, BBM, facebook, dan semacamnya, serta memberikan pula petunjuk praktis cara transaksi yang mudah, seperti dengan format sms maupun telfon langsung. Dan juga umumnya disertakan dalam slot halaman, yakni media sarana yang mendukung seperti jasa pengiriman barang dan bank yang digunakan untuk pembayaran.

    Dari mana bisa dapatkan pembeli & banyak transaksi..?
    Ini mungkin yang sering menjadikan banyak penasaran, bagaimana mungkin sebuah toko pakaian yang dibuka di internet bisa mendapatkan banyak pembeli, serta banyak pula yang mampu ciptakan kepercayaan bagi para konsumen. Apa lagi dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan toko online akhir-akhir ini.

    Ya, sebuah kepercayaan bagi konsumen serta dalam kemampuan dalam menciptakan banyak transaksi tentu bukan hal yang sederhana. Suksesnya sebuah toko pakaian di ineternet bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari sistem promosi yang baik, serta optimasipada web yang juga dilakukan secara maksimal.

    Lalu mungkin akan timbul pertanyaan, dari mana bisa mendapatkan pembeli dan banyak transaksi sehingga ini sering bisa jadi bisnis alternatif kaya? Pembeli yang datang di sebuah toko online saat ini secara umum sangat dipengaruhi oleh mesin pencari, dimana para calon pembeli yang mencari jenis baju tertentu, mencari baju yang mereka cari lewat mesin pencari seperti dengan menggunakan kata kunci “baju batik, baju gamis murah, kaos ragelan murah, grosir baju dan lain-lain”.

    Lalu mereka pun akan dihantarkan pada web-web pilihan yang muncul dihalaman pertama mesin pencari. Namun sering pula para konsumen menemukan toko baju online bisa dari facebook, twitter hingga dari banner promosi di sebuah blog. Dan kesempatan besar untuk sebuah online shop bisa masuk halaman pertama mesin pencari sehingga menjadikannya banyak pengunjung, tentunya didukung oleh sistem optimasi web yang maksimal.

    Dan teknik SEO pada sebuah lapak penjual pakaian online pun sering diterapkan. Baik itu dikerjakan sendiri maupun menggunakan jasa SEO. Bila pun tidak dioptimasi, sarana iklan berbayar seperti di google atau facebook juga sering kali menjadi sarana sebuah web toko untuk berpromosi yang lebih efektif.



    Kelebihan Toko Baju Online Dengan Konvensional ( biasa ) :

    Biaya sewa toko
    Biaya sewa atau pembelian ruangan, kios, maupun ruko saat ini tak bisa dikatakan murah. Menurut sebuah artikel dari Tempat-Usaha.com, harga sewa sebuah kios di pusat perbelanjaan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, berkisar 13 juta rupiah per bulannya. Selain itu, seorang calon penjual perlu menemukan letak kios yang strategis agar kiosnya terlihat oleh pengunjung dan memiliki daya tarik yang tinggi untuk dikunjungi.

    Sebaliknya, di toko online, calon penjual tidak perlu memikirkan biaya sewa yang harus dikeluarkan setiap bulan. Ia cukup menggunakan layanan web hosting yang biaya sewanya jauh lebih murah dibanding biaya sewa tempat. Selain itu, untuk menjangkau pelanggan, calon penjual bisa memanfaatkan marketplace maupun forum-forum yang memiliki jumlah user yang sudah banyak, media sosial, dan email.

    Inventaris
    Untuk menaruh stok pakaian-pakaian yang belum terjual, seller perlu menyediakan sebuah tempat. Jika berjualan di kios-kios, seller bisa menggunakan sebagian ruangan di kios tersebut sebagai lokasi penyimpanan. Namun, tak sedikit pula penjual yang harus menyewa gudang di tempat berbeda dengan biaya tambahan untuk menaruh stok produk.

    Berbeda dengan toko offline, penjual pakaian lewat internet bisa menaruh barang dagangnya di rumah. Sistem drop ship yang mulai meluas di internet pun bisa jadi alternatif menarik bagi penjual yang tak memiliki ruang sebagai tempat penyimpanan.

    Peralatan
    Peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang toko pakaian di pusat perbelanjaan atau ruko cukup banyak. Misalnya, rak-rak maupun manekin untuk memperlihatkan produk-produk, komputer, kasir, fit room untuk mencoba, label harga, hanger baju, dan tas belanja.

    Sedangkan, online seller hanya membutuhkan komputer, koneksi internet, serta pembungkus pakaian yang rapi untuk mengirim pesanan.

    Karyawan
    Sebuah kios tak mungkin dijalankan oleh satu orang. Setidaknya dibutuhkan dua orang untuk membuka toko pakaian offline. Mulai dari yang membuka dan menutup toko, menjaga toko dari pagi hingga malam, penjaga kasir, hingga orang yang selalu memantau stok. Penjual perlu memikirkan berapa nominal dan biaya kesejahteraan dari karyawannya.

    Di bisnis online, toko pakaian sangat mungkin dijalankan oleh satu orang. Mulai dari membuat website, memesan produk-produk dari supplier, memasarkan produk di media sosial, hingga membungkus pakaian untuk dikirimkan.

    Keamanan dan kebersihan
    Membuka toko offline di tengah pusat perbelanjaan pun perlu mempertimbangkan karyawan yang khusus menangani keamanan serta kebersihan toko tersebut. Biasanya, pelayanan keamanan di pusat perbelanjaan sudah termasuk paket keamanan dan kebersihan. Tentu, biaya yang dikeluarkan juga lebih besar dibandingkan mereka yang tidak menggunakan jasa keamanan dan kebersihan




    Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi yang mau mulai menjadi pebisnis Baju Online :

    Siap 24/7
    Dunia maya merupakan dunia tanpa batas. Termasuk waktu. Jika seseorang siap membuka toko online, berarti ia siap menangani permintaan, pemesanan, hingga pertanyaan pelanggan kapanpun. Jika tidak bisa, tuliskan jam operasional toko online di tempat yang terbaca oleh pengunjung, seperti di halaman utama toko online.

    Siap biaya marketing
    Pembeli di toko online tak datang begitu saja. Penjual perlu melakukan beberapa aktivitas dalam konteks pemasaran untuk menarik pengunjung dari manapun mereka tinggal. Misalnya dengan menggunakan jasa Google AdWords, mengadakan kuis berhadiah, hingga berpromosi di media sosial.

    Meng-update toko
    Salah satu hal yang perlu dijaga secara konsisten oleh pemilik toko online adalah informasi yang update. Contohnya, mulai dari barang terbaru hingga pengumuman kenaikan tarif pengiriman.

    Memotret setiap produk
    Pembeli tidak bisa mencoba pakaian yang hendak ia beli dari toko online. Oleh karena itu, ia sebaiknya memotret pakaian dari banyak sisi dan ukuran. Kalau perlu hingga foto tersebut memperlihatkan seperti apa bahan dasar kainnya. Selain itu, penjual juga perlu memotret setiap jenis produk yang dijual di tokonya. Ini membantu pembeli memilih produk yang tepat.

    Siap membungkus pesanan
    Membungkus pakaian untuk dikirim lewat jasa pengiriman juga jadi satu hal yang perlu digarisbawahi oleh penjual. Mulai dari bahan pembungkus sampai plastik yang digunakan agar pakaian tidak rusak.




    Review :
    - http://usahapeluang.org/mengenal-lebih-dekat-bisnis-baju-online/
    - http://sayhitohenny.blogdetik.com/files/2012/01/rumah-online.jpg
    - http://netpreneur.co.id/kelebihan-toko-pakaian-online-dibanding-offline/#.VIEO6tKUeSo

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad