Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Macam - Macam Arti Warna Tinja Atau Feses Yang Berhubungan Dengan Kesehatan




    Tinja atau feses atau dalam bahasa kasarnya disebut tahi adalah produk buangan saluran pencernaan yang dikeluarkan melalui anus atau kloaka, pada manusia, proses pembuangan kotoran dapat terjadi (bergantung pada individu dan kondisi) antara sekali setiap satu atau dua hari hingga beberapa kali dalam sehari. Pengerasan tinja atau feses dapat menyebabkan meningkatnya waktu dan menurunnya frekuensi buang air besar antara pengeluarannya atau pembuangannya disebut dengan konstipasi atau sembelit, dan sebaliknya, bila pengerasan tinja atau feses terganggu, menyebabkan menurunnya waktu dan meningkatnya frekwensi buang air besar disebut dengan diare atau mencret.

    Bau khas dari tinja atau feses disebabkan oleh aktivitas bakteri ( Feses mengandung mikroflora usus sekitar 1011-12 bakteri/g ), Bakteri menghasilkan senyawa seperti indole, skatole, dan thiol (senyawa yang mengandung belerang), dan juga gas hidrogen sulfida. Asupan makanan berupa rempah-rempah dapat menambah bau khas feses atau tinja, terdapat juga beberapa produk komersial yang dapat mengurangi bau feses atau tinja.

    Menurut ahli feces manusia dari Jepang, kita dapat mengdiagnosa kondisi kesehatan dari warna, bau dan tekstur feces. Menurut beliau feces yang sehat adalah diameter 3 sentimeter, warna kuning emas atau cokelat, halus tetapi tidak terlalu halus seperti lumpur. Bila cenderung putih, bisa jadi Anda mengalami gangguan fungsi hati. Sedangkan warna hitam mencirikan ada masalah dalam organ pencernaan bagian atas. Bahkan, bisa jadi usus besar mengalami pendarahan. Feces hitam karena makanan yang telah dicerna dan mengandung darah tercampur dengan asam lambung.


    Berikut beberapa warna tinja / feses /tahi beserta artinya dilihat dari sudut kesehatan :

    Hijau
    Kotoran berwarna hijau terutama disebabkan karena waktu transit kotoran yang sangat singkat di usus, hal ini akan menyebabkan proses pewarnaan kotoran menjadi sangat singkat dan menghasilkan kotoran dengan warna kehijauan. Dalam kondisi ini, Anda bisa mengalami diare bila kondisi terus menerus dibiarkan. Selain itu, kotoran berwarna hijau juga bisa jadi merupakan indikator dari beberapa jenis infeksi bakteri, karena peradangan pada usus juga menyebabkan waktu transit kotoran menjadi singkat. Kotoran berwarna hijau ini juga bisa jadi diakibatkan karena gaya hidup anda yang memang seorang vegetarian, karena zat klorofil yang terkandung dalam daun tidak dapat tercerna dan akan ikut terbawa bersama kotoran.

    Kuning
    Kotoran berwarna kuning berarti terdapat banyak kandungan lemak dalam tinja anda, dan hal ini bukanlah merupakan pertanda yang baik. Cobalah sedikit demi sedikit untuk mengubah pola makan tinggi lemak anda. Selain itu, kotoran warna kuning juga akan memiliki aroma dan bau yang sangat kuat, yang akan membuat waktu buang air besar anda menjadi saat-saat yang tidak nyaman.

    Merah
    Jika anda melihat kotoran anda berwarna merah, ini bisa menjadi pertanda adanya perdarahan internal pada usus atau daerah sekitar rektum atau anus anda. Namun anda jangan keburu khawatir, karena kotoran warna merah ini bisa juga diakibatkan hanya karena anda baru saja konsumsi makanan atau minuman berwarna. Selain itu, walaupun sangat jarang terjadi, hal ini bisa juga diakibatkan karena kelebihan produksi cairan empedu sehingga menyebabkan diare yang sangat hebat dan menyebabkan saluran pencernaan anda mengalami pendarahan.

    Hitam
    Warna kotoran yang kehitaman bisa jadi diakibatkan karena pendarahan yang terjadi pada lambung atau tenggorokan, walaupun pendarahan biasanya menyebabkan warna kotoran anda menjadi merah, namun pendarahan pada organ lambung atau tenggorokan anda akan menghasilkan warna kotoran yang hitam. Hal ini dikarenakan darah akan mengalami proses oksidasi ketika melewati cairan asam lambung dan menghasilkan warna kehitaman.

    Putih atau Keabuan
    Warna kotoran yang kehitaman bisa jadi diakibatkan karena pendarahan yang terjadi pada lambung atau tenggorokan, walaupun pendarahan biasanya menyebabkan warna kotoran anda menjadi merah, namun pendarahan pada organ lambung atau tenggorokan anda akan menghasilkan warna kotoran yang hitam. Hal ini dikarenakan darah akan mengalami proses oksidasi ketika melewati cairan asam lambung dan menghasilkan warna kehitaman.


    Untuk menilai seberapa sehat tubuh, dilihat dari bentuk kotoran, silakan jawab & hitung poin dari pertanyaan-pertanyaan berikut :

    1.Apakah mengambang? (Ya: 1 poin, tenggelam: 2 poin)

    2.Seberapa keras? (seperti pasta gigi: 1 poin, keras: 2 poin)

    3.Seberapa berat? (di atas 200gram: 1 poin, di bawah 200 gram: 2 poin)

    4.Seberapa sering? (1x sehari: 1 poin, tidak setiap hari: 2 poin)

    5.Warnanya? ( kuning: 1 poin, coklat gelap: 2 poin)

    6.Berbau? (tidak terlalu bau: 1 poin, menyengat: 2 poin)

    Jika total poin Anda :
    1.7 – 9 poin : Cukup sehat
    2.10-12 poin : perhatikan pola makan Anda, konsumsi makanan yang berserat tinggi
    3.13-14 poin : Waspada







    Img source : http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2012/12/24/2403264_20121224063746.jpg
    Review : 
    http://doktersehat.com/sehatkah-fases-atau-tinja-anda/
    http://acityawara.com/Detail-2635-arti-warna-feses-dalam-kesehatan-pencernaan.html

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad