Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Jangan Suka Marahi Anak.... INI Dampaknyaa....!!!!!




    SUKA MARAH PADA ANAK ...?
    COBA BELAJAR BERHENTI MARAH PADA ANAK..?

    Renungkanlah kisah ini....

    Suatu ketika ada sepasang orang tua yang bersifat pemarah yang datang pada orang bijak agar ia bisa menjadi orang tua yang lebih sabar dalam mendidik anak-anak mereka.

    Singkat cerita untuk mengurangi kebiasaan marah mereka, orang bijak memberikan sekantong paku dan mengatakan pada kedua orang itu untuk memakukan sebuah paku di pagar belakang setiap kali dia marah pada anaknya...

    Hari pertama kedua orang tua itu telah memakukan 30 paku ke pagar belakang rumahnya.

    Lalu hari dami hari secara bertahap jumlah itu berkurang....

    Dia mendapati bahwa ternyata lebih mudah menahan amarahnya daripada menancapkan paku ke pagar...

    Akhirnya tibalah hari dimana kedua orang tua tersebut merasa sama sekali bisa mengendalikan amarahnya dan tidak cepat kehilangan kesabarannya... hingga tak ada lagi paku yang harus ditancapkan ke pagar belakang rumahnya.

    Dia memberitahukan hal ini kepada orang bijak, yang kemudian orang bijak tersebut memintanya pulang dan mengusulkan agar dia mencabut satu paku untuk setiap hari dimana dia tidak marah....

    Hari-hari berlalu dan kedua orang tua itu akhirnya memberitahu sang guru bijak bahwa semua paku telah tercabut dari pagar rumahnya...

    Lalu sang Bijak datang kerumahnya dan menuntun kedua orang tua itu ke pagar tempat dulu ia menancapkan paku-pakunya..…….

    "Hmm....? Kamu telah berhasil dengan baik anakku...,..tapi, lihatlah lubang-lubang di pagar ini, pagar ini ,tidak akan pernah bisa sama seperti sebelumnya,

    ketika kamu mengatakan sesuatu dalam kemarahan pada anakmu.…..
    Kata-katamu meninggalkan bekas seperti lubang ini...   di hatinya".

    "Kamu dapat menancapkan paku pada pagar ini, lalu mencabut paku itu satu demi satu... tetapi tidak peduli beberapa kali kamu minta maaf.... Luka itu akan tetap ada di sana.……dan luka karena kata-kata adalah sama buruknya dengan luka fisik bahkan lebih sakit lagi dan tidak pernah bisa benar2 hilang dari memori ingatan anak-anak kita...."

    Mari ambilah semenit saja dari waktu kita hari ini untuk merenungkan hal ini ..



    Dan ini .....
    Dampak pada anak jika sering dimarahi orangtuanya :

    1. Kerusakan/kematian sel-sel otak anak
    Seorang Neuroscientist di Chicago Medical School, Lise Eliot, Phd, dalam bukunya "Whats going on in There? How The Brain and Mind Develop in The First Five Years of Life. Menceritakan sebuah fakta yang begitu mencengangkan. Ia melakukan
    penelitian perkembangan otak terhadap bayinya sendiri. Lise memasang seperangkat alat khusus di kepala bayinya. Alat itu dihubungkan dengan kabel-kabel komputer agar dia bisa melihat setiap perubahan yang terjadi dalam perkembangan sel otak anaknya melalui layar monitor. Saat bayinya bangun, dia memberinya ASI. Ketika bayinya minum ASI, Lise melihat gambar-gambar sel otak anaknya di layar monitor sedang membentuk rangkaian yang indah.

    Ketika sedang asyik menyusui, tiba-tiba bayi Lise menendang kabel komputer. Si ibu sontak kaget dan berteriak, "No!" Ternyata teriakan si ibu membuat bayinya kaget, saat itu juga Lise melihat gambar sel otak anaknya di layar monitor terus menggelembung seperti balon, semakin membesar dan akhirnya pecah. Selanjutnya terjadi perubahan warna yang menandai kerusakan sel otak.

    2. Penurunan kepercayaan diri
    Anak-anak yang sering dimarahi cenderung akan berpikir, bahwa penyebab dia dimarahi adalah karena melakukan kesalahan. Semakin sering anak dimarahi, maka semakin kuat opini pada diri anak bahwa semua tindakannya adalah salah, sehingga takut melakukan hal-hal yang baru, merasa minder, dan pada akhirnya anak akan kehilangan rasa percaya diri, dan Anak akan menjadi pasif karena cendrung memilih diam dan tidak berbuat daripada dimarahi.

    3. Depresi
    Anak yang sering dimarahi bisa mengalami tekanan mental atau depresi. Anak akan jadi lekas marah atau frustasi, egois, agresif, merasa sedih, merasa tidak berharga atau bersalah, dan lambat dalam berpikir, berbicara, atau bergerak.

    4. Trauma
    Kemarahan tidak mengajarkan apa-apa terhadap perkembangan si kecil, justru membuat renggang ikatan batin antara orang tua dan anak, anak akan merasa tidak nyaman dan takut karena perilaku orang tuanya. Anak yang sering kena marah bisa mengalami trauma

    5. Introvert
    Anak akan memiliki pribadi yang tertutup. Kepribadian introvert merupakan kondisi psikologis dimana anak lebih pendiam dan cenderung menutup dan menarik diri dari lingkungannya. Anak enggan mengungkapkan isi hatinya atau permasalahan yang dihadapinya, takut mengutarakannya karena takut dipersalahkan.

    6. Apatis
    Akibat terlalu sering dibentak dan dimarahi, anak akan menjadi bersifat apatis, sering tidak peduli terhadap suatu hal.

    7. Pemberontak
    Anak tumbuh menjadi pribadi yang keras kepala, suka melawan dan tidak mematuhi perkataan orangtua. Mengapa? Sebab anak merasa tidak dihargai oleh orangtuanya. Anak malah merasa senang jika orangtua marah dan emosi kepadanya.

    8. Cuek
    Karena orangtua mudah marah, anak akan besikap masa bodoh dengan nasihat orangtuanya. Sesaat, ketika dibentak atau dimarahi, anak kelihatan diam dan seolah-olah mendengar, padahal, perkataan orangtuanya hanya dianggap sebagai angin lalu.

    9. Pemarah
    Anak akan menjadi pribadi yang pemarah pula, seperti orangtuanya. Jangan heran bila mendapati anak yang mudah emosi dan marah terhadap teman- temannya. Bisa jadi, sifat itu muncul karena ia mendapatkan perlakuan yang sama di rumah.

    10. Penakut
    Anak akan merasa menjadi sumber kemarahan orangtuanya. Anak juga akan takut bertindak maupun berkata-kata, karena khawatir perbuatan atau perkataannya akan membuat orangtuanya marah. Pada akhirnya, anak akan hidup dalam ketakutan.

    11. Cemas
    Ketakutan yang berkepanjangan akibat orangtua yang selalu marah membuat anak menjadi pribadi yang mudah cemas dan khawatir dalam bertindak.


    Dengan melihat dampak buruk memarahi anak, apa bunda / ayah masih mau marah lagi pada anak..!!??
    sayanggg.......






    Review :
    - www.ayahkita.com - ayah edy parenting
    - parenting.co.id, vemale.com, ayahbunda.co.id 
    - klikdokter.com http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2873718/orangtua-mudah-marah-ini-dampaknya-pada-anak?utm_source=socialmedia&utm_campaign=facebook_KD&utm_medium=post
     

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad