Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Kisah Khoirul Anwar Si Penemu 4G LTE, Asli Indonesia loh....


    Teknologi telekomunikasi sekarang ini memang mulai bermigrasi dari 3G menjadi 4G.Teknologi 4G diklaim mempunyai kecepatan data yang jauh lebih cepat dibanding 3G.

    Namun tahukah kamu jika penemu 4G ini adalah orang Indonesia asli?

    Khoirul Anwar pernah dianggap gila di dua negara.

    Di Jepang ia dicemooh, idenya diaggap muskil.Semua ilmuwan yang berkumpul di Hokkaido, Jepang, itu menganggap pemikiran yang dipresentasikan itu tak berguna.

    Dari Negeri Sakura, Anwar terbang ke Australia.Setali tiga uang, ilmuwan negeri Kanguru itu juga memandangnya sebelah mata.Pemikiran Anwar dianggap sampah.Pemikiran Anwar yang ditertawakan ilmuwan itu tentang masalah power atau catu daya pada Wi-Fi.

    Dia resah, tiap kali menyambung ke internet, sambungan tak lancar.Kadang bekerja kuat, sekejap kemudian melemah.Keresahan Anwar tersebut tampaknya mewakili banyak orang. Ia pun mulai memutar otak.

    Pria asal Kediri, Jawa Timur, itu ingin memberi solusi.

    Dia menggunakan algoritma Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan. Entah apalah itu FFT, yang jelas Anwar berhasil menemukan jawaban atas keresahan banyak orang.

    Ia berhasil menciptakan teknologi 4G.

    Ide itulah yang diolok-olok ilmuwan pada tahun 2005.Ilmuwan Jepang dan Australia boleh mengangapnya sebagai dagelan.

    Tapi dia tak berhenti, Anwar kemudian terbang ke Amerika Serikat.Memaparkan ide yang sama ke para ilmuwan Paman Sam.Tanggapan mereka berbeda. Ide yang dianggap sampah itu bahkan mendapat paten.

    Diberi nama Transmitter and Receiver, dunia menyebutnya 4G LTE, Fourth Generation Long Term Evolution.

    Yang lebih mencengangkan lagi, pada 2008 ide yang dianggap gila ini dijadikan sebagai standar telekomunikasi oleh International Telecommunication Union (ITU), sebuah organisasi internasional yang berbasis di Genewa, Swiss.



    Standar itu mengacu prinsip kerja Anwar.Dua tahun kemudian, temuan itu diterapkan pada satelit. Kini dinikmati umat manusia di muka Bumi.Dengan alat ini, komunikasi menjadi lebih stabil.

    Penemuan hebat Anwar itu ternyata diilhami dari kisah masa kecilnya.

    Dulu, dia suka menonton serial kartun Dragon Ball.Dalam film itu, dia terkesan dengan sang lakon, Son Goku, yang mengeluarkan jurus andalan berupa bola energi, Genkidama.Untuk membuat bola tersebut, Goku tidak menggunakan energi dalam dirinya yang sangat terbatas.Goku meminta seluruh alam agar menyumbangkan energi. Setelah terkumpul banyak dan berbentuk bola, Goku menggunakannya untuk mengalahkan musuh yang juga saudara satu sukunya, Bezita.

    Prinsip jurus tersebut menjadi inspirasi bagi Anwar.Dia menerapkannya pada teknologi 4G itu.Jadi, untuk dapat bekerja maksimal, teknologi 4G menggunakan tenaga yang didapat dari luar sumber aslinya.Siapa sangka, teknologi 4G LTE yang digunakan di seluruh dunia ternyata lahir dari orang desa asal Indonesia. Anwar lahir di Kediri pada 22 Agustus 1978.

    Dia bukan dari kalangan berada, melainkan dari kaum jelata.Ayah dan ibunya hanyalah bekerja sebagai buruh tani.Dulu Anwar senang mengarit, yaitu kegiatan mencari rumput untuk pakan ternak menggunakan arit.Pekerjaan ini dia jalani untuk membantu kedua orangtuanya.Dia ngarit setiap pulang sekolah, setiap hari.Meski orang desa dan hidup di sawah, bukan berarti Anwar tak kenal ilmu.Ia bahkan telah terbiasa membaca buku-buku berat semenjak masih belia.

    Anwar bahkan menyematkan cita-cita menjadi ‘The Next Einstein’ atau ‘The Next Faraday’.Cita-cita itu hampir saja kandas ketika sang ayah berpulang pada tahun 1990.

    Siapa yang hendak membiayai ia sekolah?

    Tapi Anwar memberanikan diri, mengungkapkan keinginan bersekolah setinggi mungkin kepada sang ibu, kepada emak.Ia sudah bersiap jika keinginannya itu ditolak mentah-mentah oleh emaknya.Namun apa yang dikatakan emaknya sungguh di luar dugaan.

    “Nak, kamu tidak usah ke sawah lagi, kamu saya sekolahkan setinggi-tingginya sampai tidak ada lagi sekolah yang tinggi di dunia ini,” ucap Anwar terbata, karena tak kuasa menahan haru saat mengingat perkataan emaknya itu.

    Kisah Anwar demi menggapai cita-cita memang penuh liku.Namun hal itu kini terbayar lunas.Ia telah menciptakan karya besar, yang dinikmati seluruh orang di dunia.








    Review :
    - http://solo.tribunnews.com/2016/06/26/kisah-inspiratif-khoirul-anwar-tukang-ngarit-penemu-teknologi-4g-lte?page=1
    - img-http://3.bp.blogspot.com/-wf5TuvVGqMg/VciXPvpum8I/AAAAAAAABjQ/m-yB6L-nKko/s1600/khoirul-anwar-pencetus-teknologi-4g-lte-asli-indonesia.jpg

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad