Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Apa & Bagaimana Virus ZIKA



    Virus Zika termasuk dalam garis virus flavivirus yang masih satu keluarga yang sama dengan virus penyebab penyakit dengue/demam berdarah.

    Penyebaran Virus Zika kepada manusia dilakukan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang telah terinfeksi. Dan penyakit yang disebabkannya dinamakan sebagai Zika, penyakit Zika (Zika disease) ataupun demam Zika (Zika fever).



    Virus Zika pertama ditemukan pada seekor monyet resus di hutan Zika, Uganda, pada tahun 1947. Virus Zika kemudian ditemukan kembali pada nyamuk spesies Aedes Africanus di hutan yang sama pada tahun 1948 dan pada manusia di Nigeria pada tahun 1954. Virus Zika menjadi penyakit endemis dan mulai menyebar ke luar Afrika dan Asia pada tahun 2007 di wilayah Pasifik Selatan. Pada Mei 2015, virus ini kembali merebak di Brazil. Penyebaran virus ini terus terjadi pada Januari 2016 di Amerika Utara, Amerika Selatan, Karibia, Afrika, dan Samoa (Oceania). Di Indonesia sendiri, telah ditemukan virus Zika di Jambi pada tahun 2015.


    Penularan virus zika bisa juga melalui tranfusi darah dan hubungan seksual.

    Virus zika yang menyerang Ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan kelainan ukuran kepala bayi ( kelainan bawaan berupa mikrosefali ) yaitu kelainan perkembangan otak sejak dalam kandungan.


    Gejala-gejala terinveksi virus Zika :

    - Sakit kepala
    - Nyeri sendi & otot
    - Kulit berbintik merah

    -  Lelah
    - Nyeri dibelakang mata

    Jika terinfeksi virus Zika, maka lakukan hal-hal sebagai berikut ketika telah tertular dan terinfeksi virus zika antara lain adalah sebagai berikut :
    • Istirahat cukup
    • Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi
    • Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri
    • Jangan mengkonsumsi aspirin atau obat-obatan NSAID (non stereoid anti inflmation) lainnya.
    • Cari pengobatan ke pelayanan kesehatan terdekat.

    Pencegahan Virus Zika dengan :
    Mencegah gigitan nyamuk adalah salah satu tindakan pencegahan awal yang bisa membantu Anda terhindar dari infeksi virus Zika. Beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan saat berada di daerah yang terjangkit virus Zika, antara lain:
    • Memastikan tempat yang Anda tinggali memiliki pendingin ruangan atau setidaknya memiliki tirai pintu dan jendela yang dapat mencegah nyamuk masuk ke ruangan.
    • Gunakan kelambu pada tempat tidur jika area yang Anda kunjungi tidak memiliki hal di atas.
    • Gunakan baju dan celana berlengan panjang
    • Gunakan bahan penolak serangga yang terdaftar pada badan perlindungan lingkungan atau environmental protection agency (EPA), sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Instruksi yang terlampir akan memberikan informasi mengenai pengaplikasian ulang, area pengaplikasian yang diperbolehkan, waktu dan durasi pengaplikasian.
    • Bayi yang berusia di bawah dua bulan tidak diperkenankan menggunakan bahan penolak serangga ini sehingga Anda harus memastikan agar pakaian bayi dapat melindunginya dari gigitan nyamuk.
    • Gunakan juga kelambu pada tempat tidur bayi, kereta dorong bayi, dan gendongan atau alat pengangkut bayi lainnya.
    • Perhatikan area tubuh anak yang berusia lebih dewasa saat mengaplikasikan bahan penolak serangga. Hindari area tubuh yang terluka atau sedang mengalami iritasi, area mata, mulut, dan tangan.
    • Pilihlah perawatan, pencucian, atau pemakaian pakaian serta peralatan yang menggunakan bahan dengan kandungan permethrin. Pelajari informasi produk dan instruksi penggunaan mengenai perlindungan yang diberikan. Hindari menggunakan produk ini pada kulit.
    • Pelajari juga informasi mengenai daerah yang akan Anda kunjungi, seperti fasilitas kesehatan dan area luar ruangan terbuka sebelum waktu keberangkatan tiba, khususnya area yang terjangkit virus Zika.
    • Lakukan tes virus Zika sekembalinya Anda, khususnya perempuan hamil, dari daerah penyebaran virus Zika.




    Review :
    - https://www.google.com/search?q=virus+zika+adalah&ie=utf-8&oe=utf-8
    - http://www.alodokter.com/virus-zika
    - http://www.newsfarras.com/2016/01/Virus-Zika-Penyebab-Tanda-Ciri.html

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad