Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Agar Cacat Kandungan Tidak Terjadi Bagi Ibu Yang Sedang Hamil, Begini Menghindarinya....




    Cacat kandungan adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelainan fisik maupun mental pada bayi saat dilahirkan. Kelainan yang dapat terjadi  pada bayi baik pada bentuk tubuh maupun cara bekerja anggota tubuh tertentu atau bahkan keduanya. Oleh karena itu, cacat kandungan termasuk penyebab utama kematian pada bayi di tahun pertama mereka.

    Cacat kandungan ini tidak muncul begitu saja. Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan cacat kandungan. Beberapa penyebab ini bisa anda hindari sehingga buah hati anda tidak perlu menderita ketidaknormalan ini.

        Pertama adalah adanya masalah genetik. Permasalahan ini muncul ketika satu atau beberapa gen tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh adanya bagian gen yang hilang.
        Kedua adalah adanya permasalahan dengan kromosom. Permasalahan pada kromosom ini meliputi adanya ekstra kromosom dan adanya bagian kromosom yang hilang sehingga kromosom tersebut tidak dapat bekerja dengan sempurna.
        Terakhir, adalah permasalahan yang terletak pada lingkungan ibu yang sedang hamil. Contoh-contoh dari permasalahan dalam lingkungan ini adalah terjangkitanya ibu yang sedang hamil dengan rubella atau German measles dan penggunaan obat-obatan terlarang dan minuman beralkhohol selama masa kehamilan.

    Untuk mencegah cacat kandungan pada kehamilan berikutnya, siapkan kehamilan sehat, yaitu dengan;



    Asam folat

    Dengan mengonsumsi 0,4 mg asam folat setiap hari mulai 1 bulan sebelum dan saat kehamilan dapat membantu mencegah cacat pada otak dan tulang belakang pada bayi.


    Hindari Alkohol

    Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan ataupun minuman beralkohol. Jika ibu hamil minum alkohol berarti bayi juga secara tidak langsung ikut mengonsumsinya, Ladies. Hal ini dapat menyebabkan Fetal Alcohol Spectrum Disorder (FASD) atau disebut juga gangguan spektrum alkohol janin.


    Jangan merokok

    Seperti yang sudah tercantum dalam kemasan rokok, merokok dapat menyebabkan gangguan pada janin. Ibu hamil yang merokok, dapat menyebabkan bayi lahir prematur, kelainan pada janin dan bahkan kematian.


    Berhenti menggunakan obat-obatan terlarang

    Bayi prematur, berbobot rendah, dan terlahir cacat dapat disebabkan karena ibu hamil menonsumsi obat obatan terlarang saat hamil. Mengosumsi kokain juga dapat menyebabkan cacat pada tangan, kaki, system urin, dan jantung. Pasca melahirkan, ibu hamil juga tidak dianjurkan mengonsumsi obat tersebut, karena akan mengganggu pertumbuhan bayi lewat air susu ibu.



    Pentingnya konsultasi

    Sebelum mengonsumsi obat apapun, konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apakah obat tersebut membahayakan janin atau tidak.




    Selain itu yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko dari cacat kandungan ini, yaitu;

    Pola Makan Sehat

    Selama mengkonsumsi makanan-makanan dengan nutrisi lengkap ketika anda hamil, resiko dari serangan cacat kandungan akan jauh berkurang. Nutrisi itu penting baik untuk ibu dan buah hati.


    Olahraga Ringan Bisa Membantu

    Hamil bukan berarti anda tidak boleh berolahraga. Olahraga ringan di saat hamil akan membantu proses metabolisme tubuh anda dan juga menjaga tubuh anda lebih sehat dan bugar di saat hamil. Bila sang ibu sehat, kandungan pun akan ikut sehat tentunya.



    Istirahat Cukup

    Antara hormon, tekanan psikologis dan fisik, serta rasa bahagia, kehamilan bisa membuat ibu merasa super lelah. Istirahat yang cukup akan membantu ibu memastikan kandungan dalam kondisi yang sehat.


    Perkaya Cairan

    Memenuhi kebutuhan tubuh atas cairan adalah salah satu cara untuk menjaga metabolisme tubuh dan melancarkan jalannya nutrisi dari ibu pada buah hati. Cairan dalam bentuk apapun, mulai dari air putih, jus buah dan susu sangat baik untuk dikonsumsi selama hamil.







    Review :
    - https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/higienitas-keluarga/semua-pertanyaan/118734-penyebab-kecacatan-pada-bayi
    - img, http://artikelbalita.com/wp-content/uploads/2016/01/Bayi-Cacat-Di-Kandungan.jpg

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad