Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Manfaat & Khasiat Buah Semangka Lengkap




    Semangka / tembikai (Citrullus Lanatus) masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan.

    Buah semangka kaya akan vitamin & zat kimia yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya, posfor, belerang, potasium, sodium, kalium, magnesium, asam amino, citruline, likopen, zat lypocene, vitamin A, vitamin C, zat gula 8% dan banyak mengandung air 92% dari berat keseluruhan dari buah.



    Manfaat dari Buah Semangka :

    Membuat Jantung Lebih Sehat
    Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.

    Mata Yang Lebih Sehat
    Ini dikarenakan, buah ini mengandung betakaroten yang akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan anda.

    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

    Perlindungan yang baik dari Radikal Bebas
    Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.

    Memperkuat Tulang Tubuh
    Ini dikarenakan, semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

    Bikin Organ Ginjal Lebih Sehat
    Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di didalam tubuh.

    Dapat mengurangi Lemak Pada Tubuh
    Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

    Mencegah Penyakit Diabetes
    Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat di manfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula, dan kalori.

    Mencegah Penyakit Kanker
    Untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, maka kita di haruskan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat yang dapat memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Di antara zat-zat yang dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak adalah zat lypocene yang dapat kita temukan pada buah semangka.

    Menurunkan Tekanan Darah
    Manfaat lain yang kita dapatkan dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan Kalium (K), dan Magnesium (Mg).

    Menghindari Dehidrasi Atau Kekurangan Cairan
    Dehidrasi di sebabkan oleh kandungan air yang kurang pada tubuh. Sedangkan semangka sendiri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air, sehingga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi.

    Melindungi dari sinar Ultraviolet
    Karena sebagian besar komposisi semangka adalah air dan serat, serta likopen maka buah ini sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Semangka juga dapat melindungi kulit tubuh dari sinar UV. Karena kandungan likopen membantu kulit mengurangi penyerapan sinar UV dari matahari sebanyak 40%.

    Atasi cacing perut di sistem pencernaan
    Biji dari buah semangka ternyata juga bermanfaat. Biji semangka ini dapat dihancurkan dan dikeringkan. Hasilnya bisa dijadikan sebagai teh. Teh biji semangka ini dapat membantu membunuh dan mengurangi cacing pita yang terdapat pada sistem pencernaan.

    Membuat kulit sehat berseri
    Semangka kaya akan vitamin C dan A yang menjadi nutrisi baik bagi kulit. Memakan 2-3 potong buah semangka setiap hari memberikan manfaat baik bagi kulit. Asam amino yang terdapat dapat mengobati luka pada kulit dengan cepat.

    Mencegah sariawan
    Manfaat buah semangka bukan hanya untuk penyakit berat saja, sariawan pun dapat diatasi dengan makan buah semangka. Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

    Menghentikan batuk berdahak
    Siapkan Buah Semangka sekitar 500 g-1000 g, siapkan jahe yang sudah dicuci bersih dan parut jahe hingga anda dapatkan sari jahenya, kemudian siapkan 2 sendok madu putih, masukan buah semnagka ke dalam mangkuk tambahkan sari jahe dan madu, aduk hingga merata dan di sajikan kepada si sakit sehari 2x.

    Sangat efektif untuk mengobati Demam
    Buah Semangka sangatlah efektif untuk mengatasi demam, mengapa? Karena kandungan air Buah Semangka ini banyak maka bisa berguna untuk meredakan panas yang berasal dari dalam tubuh kita. Dan mengeluarkan zat yang membusuk dalam tubuh kita.





    Review :
    - http://www.indonews.co.id/1000-manfaat-dan-khasiat-buah-semangka-bagi-kesehatan/
    - https://www.facebook.com/809150002449125/photos/a.809162162447909.1073741828.809150002449125/813516855345773/?type=1&fref=nf
    - http://manfaatdankandungan.blogspot.com/2012/11/manfaat-buah-semangka.html
    - http://www.sitkes.com/khasiat-buah-semangka.html


    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad