Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Ciri - Ciri Fisik Ginjal Anda Itu Bermasalah

    Posisi Ginjal didalam Tubuh
    Walaupun satu-satunya cara untuk memastikan ada tidaknya gangguan ginjal adalah melalui pemeriksaan darah, akan tetapi terdapat beberapa tanda fisik yang dapat membantu Anda untuk mengetahui bahwa ginjal anda bermasalah atau tidak, yaitu :

    1.Merasa Lebih Lelah
    Apakah Anda merasa lebih lelah, lebih tidak bertenaga, atau sulit memusatkan konsentrasi Anda akhir-akhir ini? Penurunan fungsi ginjal berat dapat menyebabkan terjadinya penumpukkan racun dan kotoran di dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari gangguan ginjal adalah anemia, yang juga membuat tubuh terasa lemah dan lelah.


    2.Sulit Tidur
    Saat ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka racun akan tetap tinggal di dalam darah dan tidak dapat keluar dari dalam tubuh. Hal ini akan membuat penderita sulit tidur. Selain itu, para peneliti juga menemukan adanya hubungan antara obesitas dengan gagal ginjal kronik. Sementara itu, gangguan tidur apnea juga lebih sering ditemukan pada orang yang menderita gagal ginjal kronik.


    3.Kulit Terasa Kering dan Gatal

    Ginjal memiliki banyak fungsi penting. Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dan cairan berlebih dari dalam tubuh Anda, membantu proses pembentukan sel darah merah, membuat tulang tetap kuat, dan mengatur kadar berbagai jenis mineral di dalam darah Anda.

    Kulit yang kering dan gatal dapat merupakan pertanda dari adanya gangguan pada mineral dan tulang yang sering terjadi bersamaan dengan gangguan ginjal, yang terjadi saat ginjal tidak lagi dapat menjaga keseimbangan kadar mineral dan nutrien di dalam darah.


    4.Lebih Sering Buang Air Kecil
    Jika Anda merasa lebih sering buang air kecil, terutama di malam hari, maka hal ini dapat merupakan pertanda adanya gangguan pada fungsi ginjal Anda. Saat fungsi filtrasi ginjal rusak, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan frekuensi buang air kecil. Akan tetapi, peningkatan frekuensi buang air kecil juga dapat merupakan pertanda adanya infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.


    5.Adanya Darah Pada Air Kemih
    Ginjal yang sehat biasanya akan menjaga agar sel-sel darah tetap berada di dalam tubuh saat memfilter kotoran dari dalam darah dan menghasilkan air kemih. Akan tetapi, saat ginjal mengalami kerusakkan, maka sel-sel darah juga dapat ikut keluar di dalam air kemih Anda. Selain dapat merupakan pertanda adanya gangguan ginjal, adanya darah di dalam air kemih juga dapat merupakan pertanda adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi.


    6.Air Kemih Tampak Berbusa
    Adanya buih atau busa pada air kemih, terutama bila Anda harus menyiramnya beberapa kali untuk menghilangkannya, dapat merupakan pertanda adanya protein di dalam air kemih. Busa ini terlihat hampir sama dengan busa yang timbul saat Anda mengocok telur.


    7.Mata Bengkak
    Adanya protein di dalam air kemih merupakan tanda awal yang menunjukkan bahwa fungsi filtrasi ginjal telah mengalami gangguan sehingga protein dapat ditemukan di dalam air kemih. Pembengkakan di daerah sekitar mata merupakan efek dari kehilangan protein dalam jumlah banyak di dalam air kemih.


    8.Kaki Bengkak
    Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi (penahanan) natrium di dalam tubuh, yang menyebabkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki Anda. Pembengkakan pada daerah kaki juga dapat merupakan pertanda adanya gangguan jantung, gangguan hati, dan gangguan pembuluh darah vena di kaki.


    9.Nafsu Makan Menurun
    Penurunan nafsu makan merupakan gejala yang sangat umum, yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk gangguan fungsi ginjal yang menyebabkan penumpukkan racun di dalam tubuh.


    10.Kram Otot
    Gangguan keseimbangan elektrolit dank ram otot dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Rendahnya kadar kalsium dan tidak terkendalinya kadar fosfor di dalam tubuh dapat memicu terjadinya kram otot.


    Struktur Ginjal










    Review :
    - https://www.dokter.id/berita/10-tanda-gangguan-ginjal-yang-harus-diwaspadai
    - img, http://askep33.com/wp-content/uploads/2016/03/Mengenal-Bagian-Ginjal-Dan-Fungsinya-2.jpg
    - img, http://www.softilmu.com/2015/01/struktur-dan-fungsi-ginjal.html

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad