Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan




    Kandungan nutrisi yang ada pada lele juga sangat melimpah, salah satunya asam lemak omega-3. Konsumsi omega-3 (dan omega-6) diduga erat kaitannya dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit kanker tertentu, serta berguna untuk mengurangi kondisi peradangan seperti artritis reumatoid.

    American Heart Association bahkan merekomendasikan kita untuk makan ikan setidaknya 2 porsi atau 3,5 ons setiap minggu.

    Untuk kesehatan, pilihlah lele yang dibudidayakan tanpa terkontaminasi oleh merkuri. Bagi wanita hamil, Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apakah lele yang akan dikonsumsi aman atau tidak.

    Berikut ini beberapa kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan di dalam lele:

    Lemak

    Lele merupakan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama dengan menurunkan trigliserida dan melawan peradangan, serta membantu menurunkan risiko kanker dan artritis.

    Lemak yang terdapat pada ikan lele merupakan lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. sebab rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung bisa ikut tertekan.


    Protein

    Lele tidak mengandung karbohidrat tapi padat dengan protein. Sekitar 53 persen dari total kandungan kalori dari 3 ons lele yang dimasak -- sekitar 63 kalori -- merupakan protein. Jumlah ini memenuhi 28 persen dari kebutuhan protein harian untuk pria, dan 34 persen dari kebutuhan protein wanita per hari.

    Ikan lele merupakan ikan air tawar yang bisa menjadi sumber protein hewani yang cukup tinggi, yaitu sekitar 25%. Keistimewaan protein yang terkandung di dalam ikan merupakan sangat baik bagi tubuh karena protein pada ikan tak hanya bermanfaat menambah jumlah protein yang Anda santap tetapi sekaligus bisa menjadi pelengkap mutu protein yang ada dalam menu makan Anda. Dalam protein ikan lele mengandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin  dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibanding dengan protein pada susu dan daging. Perlu Anda ketahui bahwa hampir 70% ikan tawar darat memiliki protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusin bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan pada anak, juga bermanfaat untuk pembentukan dan perombakan otot. Lisin membantu proses pertumbuhan anak, sedang pada proses pengobatan penyakit herpes dibutuhkan lisin yang akan menjadi kerangka untuk niasin.


    Vitamin B

    Lele merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Setiap 3 ons lele mengandung 2,3 mikrogram vitamin B12, atau hampir 100 persen dari 2,4 mikrogram kebutuhan vitamin B pada pria dan wanita dewasa.

    Lalu, bagaimana cara yang baik untuk mengolah lele agar kolesterol Anda tetap terjaga? Sajikanlah lele dengan cara dipanggang atau dibakar. Atau jika Anda tetap mau menggoreng, gunakan minyak yang terbuat dari kedelai atau minyak bunga matahari.


    Phosfor

    Kandungan phospor  pada ikan lele yang mencapai 167 mg/ 100 gm terbukti lebih tinggi dari pada yang terkandung di telur yang hanya 100 mg. Phospor bemanfaat untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA, serta membantu penyerapan / pemakaian kalsium  Phospor juga lebih banyak dibutuhkan pada ibu hamil karena bermanfaat untuk pembentukan tulang pada janin. Jika asupan phospor pada ibu hamil kurang, maka janin akan mengambil phospor dari tulang sang ibu. Inilah penyebab terjadinya osteophorosis.


    Untuk Kesehatan Kardiovaskuler

    Perbandingan kalium dan natrium pada ikan lele yang mencapai 24,7 : 1 bisa tergolong tinggi  sehingga sangat bagus untuk kesehatan cardio dan pembuluh darah Anda.  Syarat sebuah makanan dikatakan baik untuk kesehatan jantung merupakan jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari  6 : 1. Kalium berfungsi sebagai :
    • Dapat Membantu dalam pengendalian tekanan darah
    • Sebagai pembasmi CO2 (karbondioksida) yang terkandung di dalam darah
    • Sebagai pemicu simpul syaraf dan kerja otot .
    • Jika terdapat pada kadar tinggi  , maka bisa melancarkan kiriman oksigen menuju otak
    • Melancarkan keseimbangan kadar cairan dalam tubuh Anda.







    Review :
    - http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697268/nikmati-manfaat-ikan-lele-untuk-kesehatan
    - img, http://erakini.com/wp-content/uploads/2015/11/bisnis-ikan-lele.jpg

    - http://www.getaransehat.com/2016/01/1000-manfaat-dan-bahaya-ikan-lele-bagi.html


    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad