Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    Manfaat Mengkonsumsi Telur Yang MungkinTak Terpikirkan Oleh Anda


    Telur kerap dijadikan kambing hitam atas tingginya kolesterol. Padahal, tidak sedikit manfaat telur bagi tubuh yang mungkin tak terpikirkan oleh anda.



    Manfaat untuk rambut
        Satu butir telur mengandung protein dengan kadar yang cukup tinggi. Dalam tubuh kita, protein sangat diperlukan untuk membanngun sel-sel tubuh, termasuk pembentukan otot dan pertumbuhan rambut.

        Jika ingin memiliki rambut sehat dan tebal, telur dapat dijadikan salah satu pilihan dalam pemenuhan nutrisi harian. Tidak hanya untuk dikonsumsi, namun telur juga dapat dijadikan salah satu bahan pembuatan masker rambut untuk mengoptimalkan kilaunya.

    Manfaat untuk mata
        Fungsi pengelihatan mata dipegang oleh sel-sel saraf dalam suatu area yang dinamakan retina. Sayangnya, penuaan dan paparan terhadap radikal bebas banyak mengakibatkan kerusakan atau degenerasi pada area ini sehingga fungsi pengelihatan seseorang akan terganggu.

        Konsumsi telur ternyata dapat menghambat proses kerusakan tersebut. Kandungan dua antioksidan dalam telur, lutein dan zeaxanthin, terbukti secara ilmiah memperbaiki kerusakan di retina.

        Tak hanya itu, antioksidan dalam telur juga membantu menurunkan risiko katarak dan melindungi fungsi mata secara keseluruhan. Sementara itu kandungan vitamin A dalam telur juga turut menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.

    Manfaat untuk otak
        Untuk bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan suatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja. Studi membuktikan bahwa 90% orang kekurangan senyawa yang sangat berharga ini.

        Untuk mencukupi kebutuhan harian, Anda bisa memasukkan telur ke dalam menu makanan harian. Dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.

    Manfaat untuk jantung
        Sebagian telur yang dijual di pasaran telah diperkaya dengan kandungan omega-3. Senyawa yang satu ini merupakan lemak baik yang mampu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

        Semakin tinggi kadar lemak baik dalam tubuh, semakin rendah risiko penyakit jantung menghampiri di kemudian hari. Jadi jangan ragu mengonsumsi telur bila ingin jantung tetap terjaga sehat kini dan nanti.

    Manfaat untuk kulit
        Seperti telah disebutkan sebelumnya, telur merupakan sumber protein yang amat baik. Salah satu jenis protein yang dikandungnya adalah kolagen dan elastin. Dua protein ini memegang peranan yang sangat besar dalam menjaga kekencangan, kelembutan kulit dan melawan proses penuaan dini.

    Manfaat untuk kuku
        Kandungan lain yang tidak kalah penting dalam sebutir telur adalah vitamin D, asam amino, zat besi dan zinc. Faktanya keseluruh nutrient ini adalah zat pembangun yang berkontribusi dalam kesehatan kuku.

    Meningkatkan sistem imun
       Telur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Satu telur besar mengandung nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Telur juga mengantur hormon tiroid pada tubuh kita. Telur sebenarnya sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Hal ini menjaga terserang dari keshan disease and kashin-Beck disease. Dua kondisi yang dapat mempengaruhi hati, tulang, dan sendi. 

    Meningkatkan profil kolestrol
        Sebelumnya, kolestrol terdiri dari dua jenis. Yaitu HDL (baik) dan LDL (jahat). Satu telur besar mengandung  212 mg kolestrol. Tapi bukan berarti telur akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Telur juga dapat meningkatkan profil kolestrol pada tubuh kita. Telur  meningkatkan HDL sambil meningkatkan ukuran partikel LDL.


    Menurunkan Berat Badan
        Mengkonsumsi telur bisa membuat anda merasa kenyang, karena kandungan protein tinggi di dalamnya.

    Telur memiliki tingkat satiety index yang tinggi. Satiety index adalah ukuran untuk mengetahui apakah sebuah makanan bisa memberikan ‘rasa kenyang’ tanpa menambah lebih banyak kalori ke dalam tubuh. (ref)

    Mengkombinasikan telur, gandum utuh (whole grain) dan tambahan sayuran, sudah cukup untuk menu yang sehat, serta memberikan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas. Menu ini cukup populer bagi orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

    Baik untuk Melindungi Tulang
        Telur merupakan satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini sangat dibutuhkan karena fungsinya untuk membantu penyerapan kalsium serta mendukung kesehatan tulang. Karenanya, telur juga penting dalam mencegah osteoporosis, tentu jika dikombinasikan bersama dengan berbagai sumber kalsium lainnya.







    Review :
    - http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2978658/manfaat-telur-yang-tak-pernah-terpikir-oleh-anda?utm_source=socialmedia&utm_campaign=facebook_KD&utm_medium=post
    - img, http://twicethehealth.com/wp-content/uploads/2015/10/eggs.jpg

    - http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/5-manfaat-telur-bagi-kesehatan-tubuh
    - https://www.webkesehatan.com/manfaat-telur-bagi-kesehatan-tubuh/

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad