Header Ads

Isoopo Motivation
  • Breaking News

    25 Cara Mengobati Memar Lebam Dengan Mudah



    Memar atau Lebam Umumnya disebabkan oleh trauma seperti benturan, baik yang disadari maupun tidak disadari. Pembuluh darah kapiler yang dekat permukaan kulit merupakan pembuluh darah yang terkena sehingga rembesan darah akan muncul di kulit sebagai memar. Wanita memiliki pembuluh yang lebih rapuh dibanding pria.



    Berikut beberapa cara untuk mengobati luka lebam atau memar :

    Beri es. Berikan es ke luka memar Anda selama sekitar 15 menit setiap jamnya pada beberapa hari pertama setelah luka memar timbul. Es akan mengurangi radang dan bengkak, sehingga membantu luka memar sembuh dengan cepat.

    Beri kompres hangat setelah hari kedua. Setelah radang mulai berkurang dengan pemberian es, Anda bisa memberikan kompres hangat (bukan kompres panas) secara langsung ke luka memar. Kompres hangat akan meningkatkan aliran darah ke jaringan dan mempercepat proses penyembuhan.
    Gambar berjudul Make a Bruise Go Away Faster Step 3

    Angkat bagian tubuh yang memar. Jika luka memar Anda berada di bagian tubuh yang bisa Anda angkat, seperti tangan atau kaki Anda, pastikan untuk mengangkat luka memar hingga berada di atas jantung Anda untuk mengurangi aliran darah yang menuju luka. Dengan begitu, radang akan berkurang dan darah yang menuju luka akan berkurang sehingga warnanya memudar. Mengangkat bagian tubuh yang memar akan memberikan hasil terbaik saat dilakukan segera setelah luka tersebut muncul.

    Jangan berolahraga terlalu keras. Untuk hari pertama dan kedua setelah timbulnya luka memar, hindari melakukan olahraga berat karena akan menyebabkan darah terpompa ke seluruh bagian tubuh Anda. Semakin banyak darah yang mengalir melalui luka, akan semakin parah keadaannya.

    Pijat lembut bagian tubuh yang memar. Gunakan ibu jari Anda untuk memijat lembut bagian luar luka memar. Jangan memijat terlalu kuat atau menekan bagian tengah luka, karena akan menyebabkan rasa sakit. Pastikan untuk memijat dalam gerakan memutar untuk mengaktivasi proses limfatik sehingga tubuh Anda akan secara alami menghilangkan luka memar dengan sendirinya.

    Jemur luka memar di bawah sinar matahari. Jika Anda bisa menjemur luka memar Anda selama 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari langsung, radiasi sinar UV akan mulai menghancurkan bilirubin - yang menyebabkan luka memar Anda menjadi berwarna kuning. Sinar matahari akan mempercepat proses ini dan membuat luka memar Anda hilang lebih cepat.

    Gosokkan cuka dan air ke luka memar Anda. Campurkan cuka dan air hangat, kemudian gosokkan ke bagian yang sakit. Cuka akan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sehingga memacu luka untuk sembuh lebih cepat.

    Makan pepaya atau nanas. Pepaya dan nanas mengandung enzim digesti yang disebut bromelain yang mampu menghancurkan protein yang menyebabkan darah dan cairan terperangkap dalam jaringan Anda. Makan sebanyak mungkin nanas yang and inginkan karena Anda ingin menyerap bromelain dan membantu tubuh Anda menghilangkan luka memar.

    Oleskan dan minum vitamin C. Ambil dua pendekatan untuk mendapatkan vitamin C dalam jumlah cukup untuk menyembuhkan luka memar Anda dengan cepat.
    •     Pertama, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin C dengan makan makanan seperti jeruk, mangga, brokoli, paprika dan ubi. Anda juga bisa minum suplemen vitamin C untuk memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin C.
    •     Hancurkan tablet vitaminC dan campurkan dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan langsung ke bagian yang luka dan biarkan hingga kering sebelum membasuhnya dengan lembut menggunakan air.






    Minum ektrak bilberry. Ekstrak bilberry mengandung antosianin, suatu antioksidan kuat yang dapat mengurangi tampilan warna memar dengan menstabilkan kolagen dan memperkuat pembuluh darah kapiler. Anda bisa mendapatkan ekstrak bilberry dalam bentuk tablet di sebagian besar apotek.

    Haluskan daun peterseli dan oleskan ke luka. Peterseli mengandung bahan antiradang yang bisa membantu luka memar hilang dengan lebih cepat.
    Gambar berjudul Make a Bruise Go Away Faster Step 12

    Makan jahe segar. Sama seperti peterseli, jahe memiliki kemampuan antiradang dan mampu mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Cincang jahe dan rendam dalam air panas selama beberapa menit sebelum meminumnya. Anda juga bisa membeli kapsul jahe atau menghaluskan jahe dan mengoleskannya langsung ke luka.

    Campur cabai rawit di dalam vaseline. Oleskan campuran ini di bagian yang luka dan biarkan selama beberapa jam. Lap dengan tisue kapan saja Anda perlukan. Oleskan satu kali setiap hari hingga luka Anda hilang.

    Buat pasta akar comfrey. Haluskan akar comfrey dan tambahkan sedikit air untuk membuat pasta atau rendam bola kapas di dalam teh akar comfrey. Oleskan pasta atau tempelkan bola kapas ke bagian yang luka satu kali sehari hingga luka Anda hilang.

    Rendam luka di dalam minyak witch hazel. Witch hazel bisa mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi radang. Oleskan minyak dan biarkan selama beberapa jam di bagian yang luka. Ulangi paling tidak satu kali sehari hingga luka Anda hilang.

    Kulit pisang. Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke bagian yang luka. Makan pisangnya (karena rasanya enak).

    Minum parasetamol atau ibuprofen, tapi jangan aspirin. Beberapa pereda rasa sakit memiliki kemampuan antiradang dan bisa mengurangi rasa sakit sekaligus bengkak. Tapi, hindari menggunakan aspirin karena bisa mengencerkan darah Anda dan membuat luka memar Anda semakin parah.

    Oleskan salep atau gel arnica setiap hari. Arnica adalah tumbuhan yang dapat meredakan radang dan memudarkan luka memar dengan cepat. Arnica dapat diperoleh dalam bentuk krim atau gel di sebagian besar apotek. Oleskan ke bagian yang luka dua kali sehari hingga luka Anda hilang.

    Biarkan lintah menghisap luka Anda. Jika Anda tahan, Anda bisa mencari toko obat holistik yang menjual lintah hidup. Letakkan lintah di atas luka memar. Lintah akan menghisap darah di lapisan atas luka. Karena air liur lintah mengandung bahan yang membuat Anda kebas, Anda tidak akan merasa sakit selama proses ini.

    Menggunakan Kunyit,  Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat mengobati luka memar, kandungan di dalam kunyit tersebut dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri akibat memar. Caranya kunyit bisa di tumbuk atau di parut kemudian kompreskan ke bagian yang luka seperti memar pada kaki dan tangan.

    Mengkonsumsi Vitamin K, Jika luka memar pada tubuh sulit hilang itu menandakan bahwa Anda kekurangan Vitamin K sehingga Anda perlu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin K. Salah satu makanan yang mengandung Vitamin K yaitu Bayam, Brokoli, Kubis, Mentimun, Daun Bawang, Selada, Kacang Polong, Bunga Kol, Asparagus, Tomat dan masih banyak lagi.

    Menggunakan Pacar air, Bunga Pacar Air dapat memperlancar peredaran darah yang memar, Caranya tumbuk  bunga pacar air kemudian oleskan pada daerah yang terkena luka memar.

    Menggunakan Daun Sirih, Daun sirih diakui memiliki banyak manfaat, selain untuk miss V daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati luka memar pada kaki, tangan, wajah dan bibir. daun sirih sangat nyaman digunakan untuk pengobatan. caranya daun siri ditaruh di atas penanak nasi biar hangat, dapat pula dibakar di atas api asal jangan sempe hangus, kemudian tempelkan ke luka yang memar.

    Beras Kencur, Beras dan kencur merupakan salah satu obat memar yang paling banyak di gunakan oleh orang pada umumnya, selain mudah di dapatkan beras dan kencur juga harum sebagai obat penawar memar, bisa digunakan pada luka memar seperti  tangan, kaki, wajah, kepala dan juga baik untuk mengobati memar pada bayi. Caranya tumbuk beras dan kencur dengan cara di campur, kasih sedikit air untuk melarutkan keduanya kemudian oleskan pada bagian yang luka.






    Review :
    - http://id.wikihow.com/Menghilangkan-Luka-Memar-Lebih-Cepat
    - http://vickymoos.blogspot.co.id/2016/05/9-cara-menghilangkan-luka-memar.html
    - https://health.detik.com/read/2014/04/29/091106/2568287/763/ini-faktor-lain-penyebab-lebam-dan-memar-tiba-tiba

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad